September 21, 2023

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan bahwa tingkat tahunan IHK utama akan turun menjadi 8,2 persen pada bulan April, menjauh dari tertinggi 41 tahun di bulan Oktober sebesar 11,1 persen.

Awal bulan ini, BoE memperkirakan inflasi sebesar 8,4 persen untuk bulan April.

“Dengan inflasi yang terbukti lebih kaku dari perkiraan Financial institution, sekarang tampaknya Financial institution akan menaikkan suku bunga dari 4,50 persen menjadi 4,75 persen pada Juni dan mungkin sedikit lebih jauh di bulan-bulan berikutnya,” Paul Dales, kepala ekonom Inggris. di Capital Economics, kata.

BoE akan mengumumkan keputusan suku bunga berikutnya pada 22 Juni dan setelah knowledge hari Rabu, investor memperkirakan kemungkinan kenaikan seperempat poin persentase dalam biaya pinjaman bulan depan sebesar 100 persen, naik dari 83 persen pada hari Selasa.

Sterling naik terhadap dolar AS dan euro setelah angka tersebut dipublikasikan sebelum melepaskan sebagian dari kenaikan tersebut.

Inflasi inti, yang tidak termasuk harga energi, pangan dan tembakau serta pertumbuhan harga di sektor jasa – yang juga dipantau ditutup oleh BoE untuk mengukur persistensi inflasi – keduanya mencapai tingkat tertinggi sejak Maret 1992.

Meskipun penurunan terakhir, inflasi terus menggerogoti daya beli pekerja yang gajinya naik lebih sedikit.

BoE khawatir bahwa lonjakan inflasi dapat menyebabkan pergeseran ke atas yang bertahan lama dalam permintaan upah dan strategi penetapan harga bisnis, yang diperburuk oleh pemotongan tenaga kerja Inggris pasca-pandemi dan masalah yang disebabkan oleh Brexit.

Inflasi harga makanan dan minuman tahunan – yang melonjak ke tingkat tertinggi sejak 1977 di bulan Maret – hanya turun tipis di bulan April menjadi 19,1 persen dari 19,2 persen.

“Meskipun positif (inflasi) sekarang dalam satu digit, harga pangan masih naik terlalu cepat,” kata Menteri Keuangan Jeremy Hunt dalam sebuah pernyataan. “Kita harus berpegang teguh pada rencana untuk menurunkan inflasi.”