September 28, 2023

Riyadh: Penawaran saham di Arab Saudi tampaknya akan meningkat setelah melambat pada paruh pertama tahun ini, dengan dua kesepakatan baru untuk pengebor minyak yang didukung oleh dana kekayaan kedaulatan kerajaan dan bisnis kargo udara diberikan persetujuan peraturan.

Ades Holding, pengebor minyak dan fuel yang didukung oleh Dana Investasi Publik, dan SAL Saudi Logistics, keduanya diberikan persetujuan untuk menjual 30 persen saham kepada publik, Otoritas Pasar Modal kerajaan mengatakan pada hari Rabu. Kesepakatan Ades dapat menghasilkan sekitar $1 miliar, menjadikannya salah satu penawaran Saudi terbesar tahun ini.

Biasanya salah satu pasar itemizing terbesar dan tersibuk di Teluk, Arab Saudi baru-baru ini lebih tenang setelah pasar sahamnya merosot tahun lalu. Namun, reli 10 persen di Tadawul All Share Index sejak awal tahun ditambah dengan sejumlah debut minggu ini telah menunjukkan bahwa minat investor terhadap penawaran masih kuat.

Beberapa penjualan saham besar lainnya juga sedang dikerjakan meskipun belum ada batas waktu yang jelas, termasuk penawaran sekunder potensial dari Saudi Aramco dan daftar bisnis perdagangannya.

Pasar yang cocok

Dana Investasi Publik bekerja sama dengan pemilik utama Ades untuk menjadikan bisnis tersebut pribadi pada tahun 2021, dalam sebuah kesepakatan yang menilai perusahaan tersebut sekitar $516 juta. Ades, yang menyediakan jasa pengeboran dan produksi minyak dan fuel di Timur Tengah dan Afrika Utara, telah berkembang melalui akuisisi.

Perusahaan awalnya menargetkan go public pada paruh pertama tahun ini tetapi memutuskan untuk menunda karena menunggu jendela pasar yang cocok, Bloomberg melaporkan pada bulan Mei.

SAL, penangan kargo udara yang keluar dari maskapai nasional Saudi Airways, telah merencanakan IPO setidaknya sejak 2021 dan bekerja dengan HSBC Holdings sebagai penasihat keuangan pada saat itu, Bloomberg melaporkan.

CMA, sebutan regulator, juga telah menyetujui enam IPO baru di pasar Nomu berkapitalisasi kecil negara itu selama dua hari terakhir.