September 21, 2023

Thomas Perazzi, kepala jam tangan di rumah lelang Phillips Asia, mengatakan kepada Reuters bahwa itu adalah “hasil tertinggi” untuk jam tangan mana pun yang pernah menjadi milik seorang kaisar.

Itu adalah salah satu dari hanya delapan arloji Patek Philippe Reference 96 Quantieme Lune yang diketahui dan diberikan oleh Puyi kepada penerjemah Rusia-nya ketika dia dipenjara oleh Uni Soviet, kata rumah lelang itu. Itu dengan mudah mengalahkan perkiraan pra-penjualan $ 3 juta.

Jam tangan lain yang dimiliki oleh kaisar dan dijual di lelang termasuk jam tangan Patek Philippe milik Kaisar Ethiopia terakhir Haile Selassie, yang terjual seharga $2,9 juta pada tahun 2017.

Sebuah jam tangan Rolex milik Kaisar terakhir Vietnam, Bao Dai, terjual $5 juta pada lelang tahun 2017.

Lahir pada tahun 1906, Aisin-Gioro Puyi adalah Kaisar terakhir dari dinasti Qing Tiongkok, yang memulai pemerintahannya pada usia dua tahun.

Setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II pada tahun 1945, Puyi ditangkap di Bandara Shenyang China oleh Tentara Merah Soviet. Dia ditahan sebagai tawanan perang dan dipenjara di kamp penahanan di Khabarovsk, Rusia, selama lima tahun.

Wartawan Russell Working, yang mewawancarai juru bahasa Puyi, Georgy Permyakov pada tahun 2001, mengatakan bahwa dia memberikan jam tangan tersebut kepada Permyakov pada hari terakhirnya di Uni Soviet, tidak lama sebelum dia diekstradisi kembali ke China.

Ini adalah hal-hal yang terkadang dia lakukan kepada orang-orang yang sangat spesial baginya, ‚ÄĚkata Working.