September 22, 2023

Dubai: Musim panas ini, pembeli UEA akan mendapatkan lebih dari sekadar diskon. Harga eceran di berbagai kategori sudah mulai mereda akibat tekanan terkait inflasi yang terus menurun.

Ini sudah terlihat pada makanan (terutama bahan pokok seperti beras dan gandum) dan pembelian bahan makanan. Harga FMCG (barang konsumen yang bergerak cepat) masih bertahan di degree yang lebih tinggi – tetapi ini akan menjadi salah satu kategori yang dapat melihat beberapa diskon signifikan setelah promosi sektor ritel seperti Kejutan Musim Panas Dubai ditayangkan. (DSS tahun ini diluncurkan 29 Juni dan berlangsung hingga 3 September.)

Harga konsumen juga turun dalam mode, aksesori, dan yang paling nyata, pada smartphone dan gadget lainnya. “Terkait ponsel pintar, semua mannequin terbaru mengalami penurunan/pemotongan harga dalam beberapa minggu terakhir, bahkan pada mannequin unggulan yang dirilis awal tahun ini,” kata peritel elektronik di Dubai. “Ini adalah diskon langsung yang ditawarkan – bukan penawaran bernilai tambah seperti cashback.”

Tetapi nilai tambah terbesar bagi konsumen UEA adalah pada sisi inflasi, sesuatu yang terus membayangi keputusan pembelanja hingga tahun 2022. Dan yang diterjemahkan ke dalam peningkatan kehati-hatian konsumen dalam hal pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting.

Beberapa dari kehati-hatian itu masih ada, tetapi jika inflasi semakin surut, itu akan memberi pembeli dorongan yang mereka butuhkan.

“Ya, ada tanda-tanda bahwa inflasi mendingin di seluruh kategori produk di UEA sebelum penjualan Kejutan Musim Panas Dubai,” kata Abhishek Rajput, Konsultan Senior di RedSeer. “Menurut Financial institution Sentral UEA, tingkat inflasi tahunan pada Mei 2023 adalah 3,4 persen dan turun dari 6,8 persen pada Mei 2022.

“Tren pendinginan ini didorong oleh sejumlah faktor, antara lain:

  1. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan harga makanan, yang telah membantu mengendalikan inflasi;
  2. Moderasi harga komoditas international. Harga minyak mentah dan komoditas lainnya telah turun dari harga tertingginya di tahun 2022, yang membantu mengurangi biaya enter untuk bisnis lokal.”

Jika tren ini berlanjut hingga beberapa minggu ke depan, perkirakan penjualan musim panas akan bertahan cukup baik. Keuntungan juga akan didapat dari peningkatan jumlah populasi yang stabil – dan dengan alasan bahwa penduduk baru yang mendirikan rumah di UEA dalam beberapa bulan terakhir akan tetap bertahan selama musim panas daripada keluar.

“Bersamaan dengan prospek pekerjaan yang meningkat di UEA dan perubahan demografi konsumen – dengan negara yang menarik bagi penduduk yang masuk dari banyak pasar Eropa – pengeluaran konsumen terus memiliki prospek positif,” kata Rabia Yasmeen, Konsultan Senior di Euromonitor Worldwide.

Kami masih melihat kehati-hatian terkait pengeluaran di kalangan konsumen UEA. Namun, banyak dari perilaku ini telah diterjemahkan ke dalam penggunaan program dan promosi loyalitas, di mana mereka lebih terbuka untuk menggunakan langganan untuk memanfaatkan diskon, poin, dan pengiriman free of charge.

– Rabia Yasmeen di Euromonitor Worldwide

Penawaran diskon berkedip

Menjelang DSS ’23, pengecer besar – termasuk platform on-line – telah memasang pilihan diskon mereka, dengan beberapa situs net menawarkan potongan harga hingga 80 persen untuk kategori populer.

Inilah sebabnya mengapa beberapa pengecer dan analis percaya bahwa pembeli UEA menemukan diri mereka dalam situasi yang saling menguntungkan. Lebih sedikit inflasi muncul dalam harga aktual yang dilihat pembeli di toko atau situs e-niaga. Tambahkan diskon, dan mereka mendapatkan penawaran bagus untuk diri mereka sendiri.

Tumpang tindih pembukaan akhir pekan Kejutan Musim Panas Dubai dengan perayaan Idul Adha diharapkan akan menghasilkan permintaan yang lebih tinggi dan diskon yang signifikan

– Abhishek Rajput di RedSeer

Bepergian sambil berbelanja?

Tetapi beberapa analis menyarankan pembebasan penuh belanja konsumen mungkin harus menunggu hingga awal kuartal ketiga – setelah penduduk UEA kembali dari liburan dan tahun ajaran baru dimulai.

Untuk saat ini, warga memiliki banyak hal yang harus dipikirkan, khususnya persiapan untuk liburan mendatang. “Mengingat liburan sekolah dan kegiatan musim panas lainnya, pengeluaran konsumen rumah tangga melihat dampak keseluruhan,” kata Rabia. “Saat konsumen mencari aktivitas santai dan rekreasi serta perjalanan domestik dan internasional.”

Alih-alih menghabiskan banyak uang untuk berbelanja adalah subteksnya.

Atau berbelanja lalu keluar?

Beberapa pengecer menyarankan bahwa bisa sebaliknya – bahwa harga dalam kategori utama telah turun secara signifikan sehingga pembeli kemungkinan besar akan membeli dan kemudian pergi untuk perjalanan mereka.

“Di smartphone, misalnya, karena harga iPhone 14 atau Samsung Galaxy S23 telah turun dalam beberapa minggu terakhir, kami memperkirakan permintaan yang kuat untuk tukar tambah selama beberapa hari mendatang,” kata peritel elektronik tersebut. “Selain itu, konsumen UEA sedang berpikir serius untuk membeli salah satu ponsel lipat, dengan (Huawei) Mate X3 menarik perhatian.

“Pada tahun 2022, yang dapat kami lihat adalah konsumen memegang ponsel mereka lebih lama. Kali ini, mereka melihat revisi harga yang besar dan itu akan mendorong banyak orang untuk melakukan improve.”

Jika cukup banyak pembeli yang yakin ini adalah waktu terbaik untuk membeli – dan bukan hanya peningkatan ponsel cerdas – ritel musim panas ini di UEA akan memenangkan beberapa poin. Kemudian tibalah jambore Again to College…

Memanfaatkan obral musim panas: Sharjah Chamber

Pengecer di Sharjah telah diberitahu untuk menarik semua pemberhentian untuk memanfaatkan sepenuhnya Promosi Musim Panas Sharjah 2023. Acara dimulai 1 Juli.

Pusat perbelanjaan dan toko perlu ‘cepat’ mendaftar untuk acara tersebut, mengingat ini merupakan peluang bagi bisnis untuk berkembang, meningkatkan pendapatan, dan ‘memamerkan produk mereka kepada penduduk lokal dan pengunjung’, kata Kamar Dagang dan Industri Sharjah.