September 21, 2023

Perubahan terjadi setelah Fitch Scores memangkas Prancis menjadi AA- dari AA bulan lalu, juga menandai utang pemerintah yang tinggi dan risiko kebuntuan politik setelah protes atas reformasi pensiun dapat menghambat perombakan ekonomi di masa depan.

Tindakan pemeringkatan mempertajam fokus pada tantangan yang dihadapi Prancis untuk mengurangi defisit anggaran yang membengkak selama pandemi Covid dan hanya menurun secara perlahan karena pemerintah menghabiskan banyak uang untuk membatasi harga energi.

Meskipun Scope bukan salah satu perusahaan pemeringkat utama, Scope diakui oleh Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa dan telah mengajukan pengakuan dalam kerangka penilaian kredit Financial institution Sentral Eropa.

Commonplace & Poor’s juga dapat mengambil tindakan pemeringkatan di Prancis seminggu dari sekarang, menurut kalendernya.

Pemerintah Prancis telah menguraikan rencana jangka panjang untuk mengendalikan defisit dan menempatkan utang pada jalur menurun yang bergantung pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, mengurangi dukungan fiskal untuk mengurangi harga energi yang tinggi, dan membatasi peningkatan pengeluaran di bawah inflasi.

Tetapi pengawas keuangan publik negara itu, HCFP, telah memperingatkan bahwa rencana tersebut bergantung pada perkiraan pertumbuhan yang “tampak optimis” dan perkiraan inflasi yang tampaknya agak diremehkan.

Scope mengatakan dapat menurunkan peringkat Prancis jika rasio utang publik terus meningkat karena konsolidasi fiskal yang tidak memadai, atau jika prospek pertumbuhan memburuk secara signifikan.

Prancis menghadapi tekanan pengeluaran yang tinggi dan beban suku bunga yang meningkat, sementara itu juga memiliki “rekam jejak konsolidasi fiskal yang tidak merata,” kata Scope.