September 28, 2023

California: Usaha wisata ruang angkasa Richard Branson Virgin Galactic Holdings berencana untuk menerbangkan misi ruang penumpang komersial pertamanya paling cepat 27 Juni.

Penerbangan, yang disebut Galactic 01, akan melibatkan peneliti dari Angkatan Udara Italia dan Dewan Riset Nasional Italia, kata perusahaan itu Kamis. Ini juga akan menandai awal operasi komersial Virgin Galactic setelah banyak penundaan, dan membuka jalan bagi ratusan turis luar angkasa yang sebelumnya membeli tiket enam digit untuk akhirnya terbang dengan kapal perusahaan.

Perusahaan menargetkan jendela penerbangan antara 27 Juni dan 30 Juni, dan akan menerbangkan pesawat ruang angkasa VSS Unity dari Spaceport America di New Mexico. Awak Galactic 01 akan melakukan eksperimen di lingkungan gayaberat mikro ruang angkasa, kata Virgin Galactic.

Setelah misi selesai, Virgin Galactic berencana menindaklanjutinya dengan penerbangan komersial kedua, Galactic 02, pada awal Agustus. Perusahaan mengatakan berharap untuk menerbangkan misi setiap bulan ke depan.

Virgin Galactic tidak mengumumkan awak untuk Galactic 02, tetapi mengisyaratkan bahwa penerbangan tersebut akhirnya dapat membawa turis yang telah meletakkan deposit awal di kursi bertahun-tahun yang lalu.

Debut komersial akan “membuka pintu” bagi sekitar 800 orang yang telah mendaftar untuk kursi, sebuah grup yang mewakili 66 negara, kata CEO Michael Colglazier dalam sebuah pernyataan.

Virgin Galactic baru-baru ini kembali ke luar angkasa setelah hampir dua tahun dengan uji terbang yang disebut Unity 25, yang mengirim enam karyawan perusahaan ke tepi luar angkasa dan kembali. Penerbangan tersebut memungkinkan perusahaan untuk melakukan penilaian akhir tentang “sistem penerbangan luar angkasa penuh dan pengalaman astronot” sebelum penerbangan komersial, katanya.

Perusahaan telah merencanakan operasi komersial sejak terkenal menerbangkan Branson, pendirinya, ke luar angkasa pada Juli 2021, tetapi berulang kali menunda awal saat meningkatkan kendaraan penerbangannya. Sejauh ini, Virgin Galactic telah menerbangkan VSS Unity ke luar angkasa sebanyak lima kali.