September 30, 2023

Yellen mengatakan dalam sebuah wawancara minggu lalu bahwa dia melihat berkurangnya risiko bagi AS untuk jatuh ke dalam resesi, dan menyatakan bahwa perlambatan belanja konsumen mungkin merupakan harga yang harus dibayar untuk menyelesaikan kampanye menahan inflasi.

“Sementara ada bagian dari ekonomi kita yang melambat, rumah tangga menghabiskan dengan kecepatan yang kuat dan bisnis terus berinvestasi,” kata Yellen dalam kutipan yang dirilis oleh Departemen Keuangan. “Ke depan, saya berharap kekuatan pasar tenaga kerja saat ini dan neraca rumah tangga dan bisnis yang kuat berfungsi sebagai sumber kekuatan ekonomi, bahkan jika ekonomi kita sedikit lebih dingin karena inflasi turun.”

Pejabat Federal Reserve telah menaikkan suku bunga sebesar 500 foundation poin dalam waktu kurang dari setahun dan telah mengisyaratkan lebih banyak pengetatan akan diperlukan untuk mengendalikan tingkat inflasi yang berjalan lebih tinggi dari goal 2 persen Fed.

Mereka telah memperingatkan bahwa mengembalikan inflasi ke sasaran kemungkinan akan membutuhkan periode pertumbuhan di bawah tren dan beberapa pelunakan kondisi pasar tenaga kerja.

Yellen memuji pencapaian legislatif Presiden Joe Biden yang meningkatkan investasi di bidang infrastruktur, semikonduktor, dan transisi energi hijau.

Dia adalah pejabat administrasi terbaru yang melakukannya, dua hari setelah presiden menyampaikan apa yang disebut Gedung Putih sebagai pidato “landasan” pada kebijakan ekonominya, “Bidenomics,” dengan kantornya berupaya memperbaiki persepsi tentang kinerja pekerjaannya sebelum pemilu 2024. kampanye berjalan lancar.

Yellen mengatakan kebijakan Bidenomics berakar pada apa yang dia paparkan awal tahun lalu sebagai “ekonomi sisi penawaran trendy”.

Idenya adalah untuk “memprioritaskan investasi pada tenaga kerja kita dan produktivitasnya untuk meningkatkan batas atas apa yang dapat dihasilkan ekonomi kita,” kata Yellen, menyoroti bagaimana Undang-Undang Infrastruktur Bipartisan, Undang-Undang CHIPS dan Sains, dan Undang-Undang Pengurangan Inflasi merupakan “salah satu dari investasi ekonomi terpenting” yang telah dilakukan AS hingga saat ini.